Rabu, 02 November 2011

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI PERPUSTAKAAN

HASIL LAPORAN WAWANCARA MENGENAI PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN

Oleh: 1. Nofa Ade Kurniawan 13040110130059
2. Viola Dwi Putri S 13040110130066
3. M. Yusuf Setiawan 13040110130065
4. Anggraini Wijayanti 13040110130064
5. Hana Eka Ferayyana 13040110130063
6. Gustina Erlianti 13040110120008
7. Miftakhul Mukminin 13040110120042
8. Yulika Setyo W 13040110120003
9. Djatmiko Adi S 13040110130075


Narasumber : Rini Astuti
Jabatan : Staff pelayanan
Lokasi : Perpustakaan Unika Soegijapranata
Waktu : Selasa, 11 Oktober 2011

Perpustakaan Unika Soegijapranata memiliki sebuah perpustakaan terpadu di satu tempat. Berbagai alat yang digunakan untuk berkomunikasi, yaitu:
1. I- phone
Digunakan untuk berkomunikasi oleh mahasiswa,dosen dan semua staff yang ada di universitas.untuk menggunakan fasilitas i-phone seseorang harus mempunyai ID yang berbeda satu dengan yang lainnya. ID tersebut biasanya terdiri atas 3 digit. Jika ingin menghubungi pihak-pihak lain yang tidak memiliki ID, harus melalui operator terlebih dahulu kemudian operator akan menghubungkan ke nomor yang dituju.
2. OPAC (online publish access catalog)
Perpustakaan ini menyediakan OPAC di setiap lantainya, alat ini berfungsi untuk menelusur koleksi yang ada di perpustakaan Unika Soegijapranata
3. Wi-Fi
Disediakan fasilitas Wi-Fi untuk civitas akademika di lingkungan kampus. Wi-Fi yang sediakan berpusat di universitas yang dihubungkan ke setiap gedung, berbagai fakultas termasuk perpustakaan.sehingga semua orang yang ada di lingkungan kampus dapat menikmati fasilitas ini.


4. Faximile
Perpustakaan Unika Soegijapranata belum memiliki Faximile sendiri karena universitas hanya memiliki satu faximile. Faximile dapat membantu untuk mengirim pesan, yang mana hasilnya berupa lembaran kertas berisi pesan, selain itu juga bisa mengirim memo (pesan singkat).
5. Surat
Apabila ada mahasiswa yang terlambat mengembalikan buku, penagihan denda bisa melalui surat yang ditujukan kepada pemustaka. Selain itu surat juga digunakan untuk memberitahukan rapat kerja kepada selruh staff perpustakaan.
6. Briefing
Selain surat, kampus ini setiap hari melakukan do’a pagi, dilanjutkan dengan briefing sebelum melakukan aktivitas kerja di perpustakaan. Di dalam briefing tersebut, informasi dan pemberitahuan bias langsung disampaikan.
7. Telepon
Telephone masih digunakan di perpustakaan ini. Digunakan untuk berkomunikasi baik itu dari pihak intern maupun ekstern.
8. Internet
Semua komputer di perpustakaan Unika langsung terkoneksi dengan internet. Namun dengan mengakses internet di perpustakaan, user harus membawa laptop sendiri karena perpustakaan tidak menyediakan komputer untuk umum.

9. Perpustakaan Unika Soegijapranata telah memanfaatkan jaringan komunikasi yang ada di perpustakaan.
Manfaat dari jaringan komunikasi itu sendiri adalah melancarkan komunikasi melancarkan pekerjaan. Salah satu bentuk jaringan komunikasinya yaitu kerjasama yang dilakukan oleh perpustakaan Unika, yaitu
a. Jasapusperti (Jaringan Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi)
b. APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar