Rabu, 02 November 2011

TUGAS HUBUNGAN MASYARAKAT
LAPORAN WAWANCARA BERSAMA PUBLIC RELATION
GRAND CANDI HOTEL



ANGGOTA KELOMPOK 1 :
1. DEWI ANGGRAHINI ( 13040110110001 )
2. YULIKA SETYOWULANDARI ( 13040110110003 )
3. ISMA UMI NQ ( 13040110120005 )
4. SITA WAHYU DWIJAYANTI ( 13040110120007 )
5. MORLAN RONALDO HUTAPEA ( 13040110110009 )
6. M. INDRIYATMADI ( A2D007027 )




SI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS DIPONEGORO
2011

PENDAHULUAN

Grand Candi Hotel merupakan hotel berbintang lima yang terletak di Jalan Sisingamangaraja Semarang. Dulunya Grand Candi Hotel dikenal sebagai business and conventional Hotel. Namun tiga tahun ini telah berubah konsep menjadi galeri hotel. Dengan adanya perubahan konsep tersebut Grand Candi Hotel semakin gencar melalukan publikasi melalui program kegiatan-kegiatannya. Grand Candi Hotel senantiasa ingin menjadi hotel yang memiliki citra yang baik dimata public. Dengan demikian komunikasi merupakan kunci yang penting untuk tetap eksis dan bisa bersaing dengan hotel – hotel lain karena grang candi merupakan hotel yang independen dan satu-satunya yang berkonsep galeri hotel.
Seorang public relation memegang peran penting dalam menjaga hubungan baik dengan semua pihak baik ke dalam maupun ke luar hotel. Public relation lah yang nantinya akan menciptakan dan memelihara hubungan dengan khalayak melalui program-program yang terorganisir. Oleh karena itu kami melakukan wawancara guna mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan program public relation itu sendiri.


Hasil wawancara dengan Publik Relation Grand Candi Hotel

A. Waktu dan Tempat wawancara
Wawancara dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2011 pukul 16.00 – 16.45 WIB. Bertempat di ruang pertemuan Grand Candi Hotel, Jalan Sisingamangaraja Semarang.
B. Informan
Candid Erdiata sebagai public relation Grand Candi Hotel.
C. Media
Media yang digunakan dalam wawancara ini adalah : Alat tulis, Handphone ( sebagai alat perekam ), dan camera digital.
D. Hasil wawancara
Public Relation Grand Candi Hotel, Candid Erdiata menjelaskan bahwa hotel memiliki program untuk meningkatkan kualitas hubungan yang baik, baik dengan pihak intern ( karyawan-karyawan hotel ) dan dengan pihak ekstern ( public ). Program-program tersebut antara lain :
Program intern :
1. General Staff Meeting.
Merupakan salah satu pertemuan rutin selama dua bulan sekali yang didalamnya membahas segala perkembangan yang terjadi didalam hotel. Berfungsi sebagai sarana untuk mempererat hubungan antara staff yang ada yang memang jarang bertemu karena kemungkinan perbedaan bidang/departemen. Jadi seluruh karyawan dapat mengetahui keadaan real yang ada dan terjadi di dalam hotel.
Program ekstern :
1. Go green.
Peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan kaitannya dalam menjaga lestarinya dan terpeliharanya lingkungan. Misalnya : mengadakan penanaman pohon di sekolah-sekolah di sekitar Grand Candi, bersih lingkungan bersama masyarakat sekitar Grand Candi. Program kegiatan ini dimulai pada pertengahan 2010.
2. Donor darah
Kerjasama hotel dengan rumah sakit, yang dilaksanakan di dalam hotel
3. Pengadaan event.
Event yang dilaksanakan bertujuan untuk publikasi hotel agar semakin dikenal.
Missal :
Pasar Senggol merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Grand Candi Hotel yang bertujuan mengangkat potensi kota Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan di dalam Grand Candi Hotel. Pasar senggol ini muali diadakan pada juni 2010 dan merupakan yang pertama yang ada di Semarang. Jadi melalui event ini masyarakat bisa mengetahui bahwa pasar senggol adalah milik Grand Candi Hotel. Didalamnya dihadirkan UKM yang ada di kota Semarang. Salah satunya ada makanan yang tersedia dalam pasar senggol adalah makanan-makanan tradisional, seperti pecel, petis kangkung, dll.

Jadi melalui program kegiatan diatas akan menciptakan hubungan yang baik dengan semua pihak. General Manager, Human Resources Department, dan Public Relation memegang peranan penting dalam pencapaiannya. Akan tetapi semua karyawan harus ikut andil untuk mencapai program yang telah diorganisir tersebut, walaupun tidak selalu terlibat dalam tiap kegiatannya. Semua program-program diatas dipilih dengan tujuan untuk membawa nama Grand Candi Hotel untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Untuk menjalankan program-program tersebut Grand Candi hotel menggunakan media-media untuk mempermudah publikasi. Media tersebut adalah :
1. Media konvensional : poster, banner, newsletter, flier, Koran, dan majalah.
2. Media elektronik : smsblast, twitterblast, facebookblast.
Media konvensional misalnya poster akan ditempatkan di jalan raya yang strategis agar bisa dilihat masyarakat, banner diletakkan di lift tamu dan outlet Grand Candi Hotel. Sedangkan untuk media elektronik dioperasikan sendiri oleh public relation Grand Candi Hotel.
Sejauh ini program telah terlaksana dengan baik dan member manfaat yang besar bagi hotel. Dengan kegiatan berupa event, kerjasama dengan media juga menberi nilai tambah yakni Grand Candi Hotel akan lebih dikenal oleh masyarakat luas sebagai galeri hotel berbintang lima yang pada akhirnya masyarakat akan lebih tertarik mengetahui Grand Candi Hotel itu sendiri. Selain itu keberadaanya semakin diakui public sebagai hotel independen yang mampu bersaing. Tidak pernah ada kata puas bagi Grand Candi hotel. Apa yang telah dicapai tersebut merupakan pijakan untuk berusaha lebih baik untuk meningkatkan kualitas.
Dalam menjalankan program kegiatan yang telah diorganisir tersebut ada beberapa kendala yang dihadapi, diantaranya :
1. Grand Candi Hotel merupakan independen hotel. Artinya hotel ini berdiri sendiri dan hanya ada disemarang. Dengan status tersebut maka agak susah mengenalkan hotel kepada public.
2. Berubahnya konsep dari business and conventional hotel menjadi galeri hotel. Dengan berubahnya status tersebut maka konsep yang dimiliki harus sesuai dengan identitas yang baru, yakni sebagai galeri hotel.
3. Promosi yang belum gencar karena status yang independen.
Menurut Candid Erdiata, peran public relation sangatlah penting karena agar komunikasi hotel dengan pihak ekstern tetap terjaga dengan baik dan agar tercipta citra yang baik di mata masyarakat.

Kesimpulan

Peran public relation sangatlah penting. Hadirnya seorang public relation dalam sebuah organisasi akan memberi sumbangan penting kaitannya dengan komunikasi kepada pihak luar. Seperti halnya Grand Candi hotel yang memiliki seorang public relation sebagai perantara untuk mengkomunikasikan yang ada di dalam keluar hotel. Ini nantilah yang akan membentuk citra dan penilaian oleh masyarakat kepada organisasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar