Kamis, 31 Mei 2012

contoh formulir dan analisisnya


HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN
ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ILMU BUDAYA
PKM FIB Lantai 3 Jl.Prof. Soedarto, S. H Tembalang Semarang
Telp: 082137692464
 


FORMULIR PENDAFTARAN CALON FUNGSIONARIS MUDA
HMJ ILMU PERPUSTAKAAN 2012-2013


Nama Lengkap                                :
NIM                                                :
Tempat, tanggal lahir                         :
Alamat di Semarang                         :
Riwayat Pendidikan                          : 
Pengalaman Organisasi                     :
Prestasi yang diraih                           :
No. Hp & Email                               :
Alasan ingin menjadi                         :
Fungsionaris Muda

Departemen yang diminati                 : 1.
                                                          2.
Kelebihan & Kekurangan Anda        :
Sifat partner kerja yang                     :
tidak disukai

Usulan program Kerja                       :
jika diterima




Foto
3x4

                                                                                                                       Semarang, …….. Mei 2012




                                                                                                                        ( ………………………)


ANALISIS
1.        Kop Surat
Adanya kop surat pada formulir pendaftaran calon Fungsionaris Muda ini karena organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan ini adalah suatu organisasi formal. Jika suatu lembaga / organisasi mengeluarkan sesuatu (misalnya saja disini adalah formulir), harus ada kop suratnya. Hal ini menandakan bahwa formulir tersebut resmi atau legal. Selain itu kop surat juga bertujuan sebagai identitas si pembuat (dalam hal ini formulir pendaftaran), jadi dari kop surat kita mengetahui siapa pelaksana dari acara atau kegiatan tersebut dan kita dapat mengeceknya melalui alamat atau informasi yang ada didalam kop surat tersebut.

2.        Identitas Pokok
Identitas pokok terdiri dari nama lengkap, tempat tanggal lahir dan alamat. Semua formulir saya kira pasti memuat ketiga unsur tersebut sebagai identitas si penulis. Berhubung formulir ini ditujukan untuk mahasiswa, maka NIM dan alamat (di Semarang) saya rasa juga diperlukan. NIM bertujuan untuk mencocokkan, apakah benar mahasiswa dengan NIM tersebut adalah mahasiswa di universitas/jurusan yang tertera. Selain NIM, alamat di Semarangpun kiranya juga perlu, untuk keperluan jangka panjang. Contohnya, jika dia diterima menjadi Fungsionaris Muda dan kebetulan alamatnya jauh. Jadi, dalam penentuan waktu rapat perlu di[pertimbangkan agar mahasiswa yang tempat tinggalnya jauh tidak terlalu malam pulangnya.

3.        Riwayat Pendidikan
Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui apakah si penulis formulir ini bersekolah disekolah yang bermutu atau tidak, baik atau tidak (mempunyai banyak kasus)

4.        Pengalaman Organisasi
Kolom ini adalah salah satu bagian terpenting. Semakin banyak organisasi yang diikuti, semakin besar peluang untuk diterima. Karena, dengan banyaknya organosasi yang diikuti berarti dia sudah terbiasa merasakan manis-pahitnya berorganisasi. Jika terjadi suatu masalah dalam organisasi tersebut, maka bisa diselesaikan lebih cepat dengan pengalaman yang sudah-sudah (yang lalu). Selain itu juga bisa memberikan banyak program kerja yang lebih inovasi serta mempunyai lebih banyak channel (kenalan) daripada yang baru saja terjun ke dunia organisasi

5.        Prestasi yang Diraih
Jika suatu hari ada perlombaan dan jenis lombanya sesuai dengan prestasi yang pernah diraih si penulis formulir, dia bisa saja menjadi perwakilan yang mewakili HMJ Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya atau bahkan Universitas Diponegoro. Misalnya saja juara 1 Tae Kwon Do tingkat nasional. Selain itu juga bisa menjadi moderator atau bahkan nara sumber saat acara yang ada hubungannya dengan prestasi yang pernah diraihnya. Bahkan bisa juga membuat program kerja sesuai dengan prestasi-prestasi yang pernah diraihnya
6.        Nomor Hand Phone dan E-mail
Bertujuan untuk berkomunikasi, misalnya saja untuk mengumumkan apakah dia diterima menjadi Fungsionaris Muda atau tidak

7.        Alasan Ingin menjadi Fungsionaris Muda
Dari kolom ini, kita bisa melihat seberapa seriusnya dia mengikuti seleksi ini. bukan hanya ingin sekedar ingin tenar, tetapi juga mempunyai mutu dan kualitas yang bisa di sumbangkan di dalam organisasi

8.        Departemen yang Diminati
Kolom ini bertujuan untuk membantu kita memasukkan para Calon Fungsionaris Muda ke dalam departemen yang diinginkannya. Selain itu, jika di calon itu dimasukkan sesuai dengan apa yang dia inginkan tentunya dia akan senang dan bersemangat dalam berorganisasi dan mungkin di departemen itulah keahliannya. Lain dengan jika dia dimasukkan di departemen yang tidak diinginkan, mungkin saja dia akan bekerja setengah hati, karena dia tidak menginginkan posisi tersebut.

9.        Kelebihan dan Kekurangan
Bertujuan untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan para calon fungsionaris muda tersebut. Walaupun tidak semua calon mengetahui sebenarnya apa kelebihan dan kekurangannya, tapi ini akan membantu dalam hal menyeleksi dan bisa diperjelas dengan wawancara (interview).

10.    Sifat partner
Setia orang pasti menginginkan mendapatkan partner kerja yang baik, ramah, pintar, kreatif dll, itu semua sudah biasa. Tapi menjadi tidak biasa jika kita menanyakan sifat partner seperti apa yang tidak disukainya, pastilah berbeda jawaban setiap orang. Kolom ini bertujuan untuk memperkecil kemungkinan agar si calon tidak mendapatkan partner yang sifatnya tidak disukai. Dan pasti, jika itu bisa terlaksana kinerjanya akan lebih maksimal dibandingkan dia harus berpartner dengn orang yang tidak disukainya

11.    Usulan Program Kerja
Bertujuan untuk mengajak si calon fungsionaris Muda ini mengkonsepkan acara apa yang diinginkan dan tentunya sesuai dengan tujuan organisasi. Dari kolom ini, kita bisa menilai apakah si calon ini pandai mengkonsepkan (konseptor) atau ahli dalam pelaksanaannya (teknis)

12.    Foto
Berfungsi sebagai keterangan tambahan. Untuk membedakan formulir satu dengan formulir lainnya tanpa harus membaca isinya.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar