Jumat, 27 Januari 2012

cinta pertama di pohon cintaku

cerpen ini saya buat untuk ikut lomba cerprn di FP SM*SH. jadi jangan heran kalo tokohnya adalah personil SM*SH.. koment yah kalo abis baca :)

CINTA PERTAMA DI POHON CINTAKU

“ra.. ayo ke lapangan. Bentar lagi basketnya di mulai tau” ajak kak Bisma buyarin lamunan gue
“i.. i.. iya kak. Duluan aja, bentar lagi gue ke lapangan kok” jawabku
“oke. Jangan lama-lama lho. Kakak tunggu di dalem”
“iya”
Gue Nadira Andreas. Gue sekolah di salah satu SMA di Bandung. Gue punya 2 sahabat Vici Erlia dan Syania Putri. Sejak kak Bisma deket sama gue, gue ngrasa Syania benci sama gue. Mungkin dia ngira kalo gue mau ngrebut cowok yang disukainya itu, padahal gue gak ada niat buat ngrebut cowok incerannya itu.
Hari ini, SMA gue diundang SMA sebelah buat tanding basket, katanya si pertandingan persahabatan gitu..
#Saat menuju ke lapangan basket
“bruuuuuuuk” gue nabrak cowok yang kayaknya lagi buru-buru
“ups.. sory-sory. Lo gak papa kan?” tanya gue
“kalo jalan itu liat kedepan. Lo gak tau kalo gue lagi buru-buru” bentak cowok itu
“gak usah pake urat dong ngomongnya. Gue kan udah bilang sory. Kurang? Ini sekolah, bukan arena buat lari maraton” bentak gue gak mau kalah
“eh. Lo di sini tamu undangan, gak usah sok belagu gitu deh” cela cowok itu
“trus, mentang-mentang lo anak sekolah sini lo boleh belagu !” tantang gue
“ah.. resek banget si lo jadi cewek. Minggir-minggir, gue gak punya waktu buat ngladenin cewek tengil kayak lo” jawab cowok itu sambil mendorong gue ke belakang
“lo yang tengil, bukan gue !” teriak gue geram
*saat itu, gue baru sadar kalo anak-anak sekitar gue pada liatin gue. Sumpah malu banget gue. Untung mereka gak kenal gue #pefyuuuuuuh
“raraaaa !” panggil seorang cewek
“ya?” jawabku ragu
“kamu Nadira Andreas kan?” tanyanya agak ragu
“iya. Kamu?” tanyaku bingung
“gue Ziva ra. Ziva Ulfana temen SMP lo” jawabnya
“aaaaaaa.. ya ampun Ziva. Sory- sory. Lo beda banget Va, jadi pangling gue” ucap gue sambil meluk Ziva
“kamu bisa aja Ra. eh, pindah ngobrolnya yuk. Dari tadi mereka pada liatin kita”
“ups..gak nyadar gue kalo gue udah mengalihkan dunia mereka (hahahaha). Ke lapangan basket aja yuk. Gue ke sini kan buat dukung SMA gue. Kali-kali lo jadi penghianat ya. hehehe” kata gue
@lapangan basket
“eh eh Va.. lo kan anak SMA sini, jadi lo kenal kan sama cowok nomor punggung 07 itu?”
“oh.. itu si Dicky. Dia pindahan dari Ausi. Baru satu bulan di sini, udah jadi kapten basket dan kabar-kabar dia masuk kandidat ketua osis gitu. Kenapa, lo naksir ya?” tanya Ziva
“gue? Makasih deh. Sengak banget lagaknya”
“bener? Cewek-cewek di sini pada suka lo sama dia. Saking banyaknya, mereka bentuk fans club gitu, namanya FANNADICKY.” jelas Ziva
“apa si yang disuka dari dia? Dia itu sengak, nyebelin, sok kegantengan, galak, pokoknya gak banget deh”
“Sssstttt… Jangan keras-keras, gawat kalo fanadicky ada yang denger. Emang si dia itu agak dingin sama cewek. Butuh perjuangan ekstra buat sekedar kenalan sama dia. Katanya si, semua itu ada kaitan sama masa lalunya.” bisik Ziva
“masa lalu? Maksud Ziva apa ya? Dan setelah gue perhatiin, gue kenal banget sama muka Dicky. Jangan jangan dia….. gak mungkin ! Ichy itu gak pernah bentak-bentak gue, apalagi nyampe dorong gue” batin gue
#pertandingan akan di mulai. Dan aku lihat kak Bisma lagi kebingungan, kayak lagi nyari seseorang
“kak Bismaaaaa, aku padamuuuuuuuu!” teriakku sambil melambaikan tangan
*kak Bisma balas melambaikan tangannya
^^^^^^^^^^^
@luar lapangan
“makasi ya kak, udah buat SMA kita menang. Biar tau rasa cowok sengak itu” kata gue
“cowok sengak? Siapa? Tanya kak Bisma
*akhirnya gue critain kejadian sial tadi. Tiba tiba cowok yang aku critain lewat di depan gue dan kak Bisma
“eh Dick..” sapa kak Bisma
“hei Bis. kapan-kapan sparing lagi ya, gue pasti bisa kalahin lo. Ini cewek lo Bis? Tanya Dicky
“gampang kalo itu mah. Eh iya kenalin, ini Rara. Rara ini Dicky ”
“oh.. jadi cowok sengak ini temen lo kak?” tanyaku sinis
“cowok sengak? Gue maksud lo? Tanya Dicky gak ngerasa
“eh.. apa-apaan si kalian. Kalian udah saling kenal?” kata kak Bisma menengahi
“dia itu cowok yang barusan gue critain kak. Udah deh kak, bete gue liat muka dia. Yuk pulang” ajak aku sambil gandeng tangan kak Bisma pergi dari hadapan Dicky
^^^^^^^^^^^^^
Pagi hari @sekolah
“Vici… gue mau crita sama lo”teriak gue
“ada apa si Ra? Pagi pagi udah heboh banget si lo”
“jadi cuma sama Vici ni critanya” sindir Syania
“hehe.. sama lo juga dong Sya” #gue critain deh ketemunya gue sama si cowok sengak itu sama mereka
^^^^^^^
Pulang sekolah
“ra. Pulang bareng gue yuk” ajak kak Bisma
“emmmmm (sambil nglirik Syania) gue.. gue gak bisa kak. Mau mampir ke suatu tempat” jawabku
“gak papa.. gue anterin lo deh”
“gak usah kak makasih. Mending anter Syania aja. Dadaaaaa semua” ucapku sambil lari
^^^^^^^^^^^
@rumah yupi
“lho kok tangganya ada di sini? Apa ada orang di atas?” batin gue
“helloooo. Apa di atas ada orang?” teriakku
Karena gak ada jawaban, gue simpulin kalo diatas gak ada orang
“hai yupi.. apa kabar. Yupi, gue kemaren ketemu sama orang yang mirip sama Ichy, tapi gue yakin orang itu bukan Ichy. Dia orangnya sengak, suka marah-marah, Ichy kan gak pernah marah sama gue. Gue kangen sama Ichy. Lo tau gak kira-kira, kapan Ichy balik lagi buat nemuin gue?” cerita gue sambil memandangi ukiran di pohon itu (berbentuk hati dengan tulisan Ichy&Dira)
*mendengar ada orang yang ngomong sendiri, Dicky yang ternyata dari tadi di dalam rumah yupi itupun mengintip ke bawah
“itu kan cewek tengil itu. tau darimana dia tempat ini? Yang tau tempat ini kan cuma gue sama Dira” batin Dicky
^^^^^^^^^
#flashback ke masa waktu kecil, gue punya sahabat yang namanya Dicky. Gue manggil Dicky itu Ichy, dan Ichy manggil gue Dira. Itu panggilan sayang kita. Ichy selalu nglindungin gue, terutama kalo waktu gelap, tenang banget kalo ada dia. Setiap hari, gue dan Ichy selalu main di bawah pohon rindang di deket danau sambil makan yupi. Karena saking seringnya, papa buatin kita rumah pohon, dan rumah pohon itu kita kasih nama RUMAH YUPI. Suatu hari…..
“Ichy.. jangan pergi. Siapa yang nemenin Dira makan yupi, siapa yang nemenin Dira kalo gelap. dira takut” ucap gue sambil nangis
“ichy gak lama kok, Ichy janji kalo Ichy pasti balik buat Dira. Kalo Dira kangen Ichy, lihat kalung ini ya. Ichy juga udah pake kalungnya” kata Ichy sambil masang kalung berinisial I&D.
“janji gak bakal lama di Ausi nya ya”
“Iya Ichy janji. Jaga diri Dira baik-baik. Jagain rumah yupi juga. Tunggu Ichy balik buat Dira. Ichy sayang Dira” kata Ichy sambil mencium kening gue
^^^^^^^^^^^^
Balik lagi ke cerita
#sejak saat itu, Dicky selalu mergoki Rara di rumah yupi. Semakin hari, Dicky semakin penasaran dan curiga kalo Rara itu adalah Dira sahabat kecil dan cinta pertamanya itu. Akhirnya dia mutusin buat tanya ke Bisma siapa Rara sebenernya
“Bis.. lo kenal deket sama cewek tengil itu kan?
“dia bukan cewek tengil. Namanya Rara” jawab Bisma ketus
“iya iya.. Rara itu nama aslinya?” tanya Dicky lagi
“bukan. Namanya Nadira Andreas. Dari dulu gue ngejar dia, tapi dia ngehindar gitu sama gue. Kata sahabatnya, dia masih nunggu cinta pertamanya yang lagi di Ausi. Percaya gak percaya gue. Hari gini masih nunggu orang yang gak jelas kapan baliknya. Dulu, dia pernah kehilangan kalung kesayangannya. Kalungnya itu.. nah mirip banget kaya punya lo. Sama malah ! (sambil nunjuk kalung di leher Dicky). Katanya dia sampe gak mau makan berhari-hari, cuma gara-gara kalung itu. dahsyat banget kan cinta” cerocos Bisma
“jadi bener, Rara itu Dira gue ! ternyata dia masih nunggu gue. Apa yang harus gue lakuin? Apa gue sekarang harus ke rumah dia, trus bilang kalo gue itu Ichy. Tapiiii apa dia percaya kalo gue Ichy? Dia kan marah banget sama gue gara-gara kemaren gue bentak” batin Dicky galau
^^^^^^^^^^
Di toko buku
“kak Morgan” sapa seseorang
“ya. Siapa ya?” tanya kak Morgan
“Dicky kak. Dicky sahabat kecilnya Dira, adek kakak” terang Dicky
“yang bener lo? Beda lo sekarang. Pake behel, tambah cakep aja lo. Katanya lo di Ausi, balik kapan?” serbu kak Morgan
“bisa aja kakak. Gue udah sebulan lebih di sini. Oh ya kak, kabar Dira gimana?” tanya Dicky
“adek baik kok. Tapi suka ngurung diri dikamar kalo inget lo. Gue sering mergokin dia nangis sambil liatin foto-foto kalian waktu kecil. Kasian gue. Mending lo ikut gue ke rumah, pasti adek seneng banget” ajak kak Morgan
“kalo sekarang gue gak bisa kak. Gue pasti ke rumah Dira secepatnya kok kak. Gue juga kangen banget sama Dira. Salam buat Dira ya kak. Gue udah di tunggu mama di depan. Duluan kak”
“sip sip. Pintu rumah gue selalu terbuka buat lo”
^^^^^^^^^^^^
Malam hari
Gue buka album foto gue waktu kecil dulu
“Ichy.. gue kangen lo. Mana janji lo, katanya mau balik buat gue” kata ku lirih sambil nangis
“nangisin Dicky lagi ya adekku sayang” tanya kak Morgan
“adek kangen Ichy kak. Ichy masih inget adek gak ya kak di sana?”
“masih lah. Buktinya dia nitip salam buat adek”
“gak lucu becandanya kak”
“kakak gak becanda dek. Ichy mu itu udah balik, dia janji secepatnya bakal datang ke rumah ini nemuin lo” ucap kak Morgan sambil melangkah keluar dari kamar gue
^^^^^^^^^^^^
Gak tau kenapa, gue percaya banget sama omongan gak Morgan itu. sejak itu, gue selalu stay di ruang tamu buat nunggu ichy datang ke rumah. *dan Ichy tak kunjung dateng ke rumah #putus asa
@lapangan basket *gue dan kak Bisma
“hei.. kok nglamun si? Kenapa?” tanya kak Bisma sambil terus men-drible bola basketnya
“gue pengen main basket lagi kak. Kangen banget gue megang bola basket”
“ni pegang bolanya (sambil ngasih bola basket ke gue). Udah kan”
“apan si kak” bentak gue sambil nglempar bola basket ke belakang.. dan
“kalo mau buang bola, liat-liat dulu dong. Kalo kena orang kan bahaya” kata seorang cowok di belakang
“trus.. salah gue? Salah bokap gue? Salah nyokap gue? Salah temen gue? Salah yupi gue? Serang gue dan langsung pergi ninggalin mereka berdua
“itu kan.. kata-kata Dira kalo lagi ngambek” batin Dicky
“kenapa Dick, kok bengong? Rara kalo lagi bete emang suka gitu kok. Santai aja..” hibur Bisma
“oh iya Bis, kaki Rara kenapa? Gue liat jalannya agak aneh” tanya Dicky
“dia kecelakaan pas sparing basket 2 bulan yang lalu, kakinya patah dan dia gak boleh main basket lagi. basket itu segalanya buat dia, lo bisa bayangin kan gimana perasaan dia sekarang” cerita Bisma
“kasian banget Dira. Gue bela-belain bisa main basket cuma pengen bisa main basket bareng dia, kenapa jadinya gini. Aaaarrrrrrrrrrrrrrrrrgh !” batin Dicky
Seminggu kemudian
Malam ini SMA gue ngadain acara pensi, bukan hanya untuk anak-anak SMA gue, tapi anak SMA lain juga boleh dateng
@pensi
“waw.. cantik banget lo Ra malam ini” puji kak Bisma yang segera kena cubitan Syania
“lho, kok main cubit-cubitan si? Kayaknya ada yang dirahasiain dari gue ni” selidik gue
“lo itu terlalu sibuk sama Ichy mu itu, sampe sampe hot news kalo mereka jadian aja gak tau” jelas Vici
“penting gak si ngomongin Ichy sekarang? Hati gue udah capek nunggu Ichy yang gak dateng-dateng ke rumah. Pliss.. jangan bahas ichy saat ini” batin gue
*gue mendadak bad mood dan….. tiba tiba lampu mendadak mati, seketika itu juga gue teriak
“ichyyyyyyyyyyy!” #gue takut sama gelap. Karena dulu gue pernah di culik setelah lampu di matiin
*dalam gelap gue ngrasa kalo ada yang meluk gue
“tenang. Ada gue di sini, lo gak bakal kenapa-kenapa. Jangan nangis lagi ya” kata cowok itu nenangin gue
“ichy.. apa ini ichy gue. Cara dia nenangin gue, dan.. yaa.. ini pelukan Ichy gue” batin gue
Tak lama kemudian, lampu pun kembali nyala. Yang pertama gue liat adalah kalung berinisial I&D yang ada di leher cowok itu
“ichy” kata ku
“iya.. aku ichy..” jawabnya sambil mengusap air mataku
“lo beneran Ichy gue? Tapi lo kan…..”
“maafin gue, gue pernah bentak lo. Kalo gue tau lo itu Dira, gue gak bakal nglakuin itu”
“ichyy.. gue kangen banget sama lo” kata gue sambil kembali meluk Dicky
“gue juga Dir. Gue kangen banget sama lo. Maaf udah buat lo nunggu lama”
“ hee eemm. Ke RUMAH YUPI yuk. Kangen gueee”
“Yuuuuuk”
^^^^^^^^^
@rumah yupi
“yupi… tau gak cowok di sebelah gue ini siapa? Ini ichyy.. dia Ichy guee” cerita ku dengan antusias
“yupi udah kenal gue Dir. Gue kan sering main ke sini” aku Dicky
“gue juga sering ke sini, tapi kok gue gak pernah liat lo ke sini”
“itulah pinternya gue (narsoooong).. dan gue denger lho semua curhatan lo ke yupi. hihihi”
“ih apaan si lo Chy. gue kan maluuuu” kata gue
“kenapa mesti malu. Kan gue juga sayang sama lo, dulu, sekarang, dan selamanya…so.. (sambil ambil sesuatu di kantongnya) kalo lo mau jadi pacar gue ambil yupinya, kalo gak mau buang yupinya ke danau”
“eeeemmm, gue mau” (sambil ngambil yupinya)
“love you Dira ku yang tengil” sambil meluk gue
“love you to Ichy ku yang sengak. Eh gimana kalo rumah pohon ini kita ganti namanya jadi RUMAH POHON CINTAKU”
“ha? Gak mau gak mau. Aku maunya yupi. Lagian lo kasih nama aneh banget si” tolak Dicky
“yeeeee.. ada alesannya tauk gue kasih nama gitu” bela gue
“apa coba”
“ karena di pohon ini dulu gue ketemu sama cinta pertama gue, dipohon ini juga gue jadian sama cinta pertama gue dan………..”
“dan.. dan apa? Tanya Dicky penasaran
“dan gue harap, gue di lamar sama cinta pertama gue di sini juga” kata gue
“ jadi, lo pengen gue yang nglamar lo?” tanya Dicky
*gue cuma bisa nganggukin kepala karena saking malunya
Ngarep banget lo. wleeeeeeee” ledek Dicky sambil lari
“ichyyyy! Romantis dikit kenapa sih?! Dasar cowok gak bisa romantisss !!!!” teriak gue sambil ngejar Dicky


THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar